SEHAT FISIK DAN PSIKIS

Posted by Hunz's Private Page in

Share-share seputar "hal-hal yang ada di kepalaku"...hehehehe
Dari pada keburu ilang ide buat menuh-menuhin blog ini, lebih baik buruan aku muntahin..
:)

Nah, menurut seorang Huning (berdasarkan hasil yang didapat melalui kuliah), Bagaimanakah mewujudkan hidup yang sehat secara fisik dan psikis. Mudah aja, beberapa hal yang pengen kubagi tinggal di baca postingan ini.

Hidup sehat secara Fisik udah bukan rahasia lagi gimana caranya, yaitu :
  • Olah raga rutin, so pasti...
  • Banyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran, untuk buah-buahan, khususnya yang mengandung Vit. C mengingat tingginya tingkat polusi sekarang ini. Apa funsi Vit. C? Beliau akan mengikat radikal bebas yang ada di tubuh kita. jadi orang kalo makan jangan pilih2 mulai sekarang (terkecuali untuk makanan yang merugikan)
  • Teraturlah mengkonsumsi kopi sekali dalam satu hari, minumnya pagi hari, bakal berfungsi untuk pencernaan dan metabolisme. Jangan lupa saring biji kopinya, ok?
  • Jangan suka nahan BAB, kelihatannya sepele tapi ternyata akibatnya sangat vatal bagi jantung karena darah yang berputar kembali ke jantung bisa membawa bakteri dari sisa pencernaan makanan yang tidak segera kita keluarkan, hasilnya adalah jantung koroner. (ini berdasarkan tips dari FHM (for him magazine) entah edisi keberapa aku lupa, tapi selalu ku inget2..hahah
  • Jangan tidur terlalu malam, apalagi melewati jam 2 dini hari. Tahukah kalian?? Ternyata tubuh memiliki sistem detoksifikasi yang berlangsung antara jam 1 sampe jam 2 dini hari, dan proses itu berjalan hanya ketika kita tidur. Jadi bagaimana kalau kita tidak tidur?? JANGAN HARAP PROSES ITU TERJADI dan selanjutnya Toin2 yang mengendap akan menjadi racun bagi tubuh kita. seremmm,, ini pelajaran biologi SMA mengenai sistem metabolisme loh (kalo gak salah), terima kasih buat pak guru (lupa namanya siapa, yang jelas beliau sangat baik juga jenaka)hahaha
  • Rajinlah mengkonsumsi air putih sesuai takarran yang dianjurkan.
  • Makan teratur, bagi yang diet jangan berlebihan membatasi konsumsi makanan, jika anda menghindari makan malam itu salah. Tetaplah makan tapi 2 jam sebelum tidur, usahakan makan makanan yang mudah dicerna, jangan terlalu kenyang dan jangan merasa kurang.
Nah, yang selanjutnya temukan sendiri jawabannya, hehhe...Lanjooot!!
Bagaimana dengan hidup sehat secara psikis, gampang juga, kok, berikut tipsnya :

  • Biasakan bangun pagi dan menghirup udara segar yang minim polusi, itu membuat anda berpikir jenih dalam beberapa waktu. O2 yang bersih sangat penting bagi otak kita.
  • Jangan menyepelekan benturan di kepala, karena jika 0,1% syaraf anda "error" , maka anda akan menjadi manusia yang 99,99%, hahaha, intinya anda jadi "belok".
  • Mendekatkan diri kepada TUHAN YME, apa hubungannya?? Untuk menemukan ketenangan batin, dong.
  • Kurangilah berpikir negatif karena dampaknya akan lebih buruk dari yang kita bayangkan, belajarlah berpikir positif, kecuali untuk sikon tertentu. Jika anda tercepur ke sungai Amazon dan berpikir tidak akan ada predator yang akan menyerang itu artinya anda gila, hahahahha.
  • Jangan menjadi seseorang yang terbentuk karena llingkungan, seperti teori yang diungkapkan PIAGET bahwa "seseorang yang Free Wheel akan lebih mudah menghadapi masalah dalam kehidupannya". Satu lagi pesan dari dosen favorit saya, yaitu IBU RINA MULYATI, "Jangan biarkan peluru menembus kekebalan anda", peluru di asumsikan sebagai masalah, hehehe. Makasiih atas materi-materinya yang berharga, Bu,...begitu juga nilainya. :p
  • Jangan memaksa pikiran anda / otak anda melebihi kapasitas yang sesungguhnya. Misalnya kita masih SD kemudian dipaksa untuk mengerjakan soal matematika SMA, ternyata hal tersebut akan mengganggu perkembangan kita, lhoh. (dulu, sih, aku mikirnya kita bakal jadi jenius, ternyata ada akibat negatifnya juga, hehehe)
  • Hindari konflik dengan orang-orang di sekitar anda, mengapa begitu? Karena konflik akan membuat dunia dan kepala anda jadi miring, apalagi konflik yang seharusnya tidak ada dibuat-buat menjadi ada.
  • Jika anda memiliki masalah atau uneg-uneg yang tidak bisa dibendung lagi segeralah membagi beban itu pada orang yang anda percayai (keluarga, pacar, sahabat, psikolog/psikiater mungkin..). Kenapa begitu?? Lebih baik begitu daripada anda mengalami gangguan kepribadian, anxiety, atau penyimpangan perilaku, hehehe. Masalah dan tekanan batin bisa merubah segala sesuatu jika anda tidak lekas bertindak).
  • Bersosialisasilah di lingkungan yang sehat, tentunya yang membuat anda merasa nyaman dan termotivasi serta bersaing secara sehat.
Yang selanjutnya anda kalian, anda, kamu, dan mereka yang membaca bisa ber- googling ria, hehehe.

Yoohoo, Bree, begitulah tips-tips berdasarkan hal-hal yang lagi kuterapin, hahahha, anggaplah terapi berjalan. Lagi2 sepertinya posting ini masih banyak memiliki kekurangan, oleh karena itu, jangan sungkan2 memberi kritik dan saran yang membangun.
Happy Reading ^^

This entry was posted on Sabtu, Desember 19, 2009 at 12.48 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

5 Leave Your Comment Here

LUmayan juga huning...berbagi wawasan...slm knl

23.7.10

for Muhammad...
screennya jangan item aj...hohoho...
nice articel

30.8.10
Anonim  

Hei Muhammad

12.1.11

haloo!!

4.5.11

maaf baru cek ini blog...trnyata ad comment... moohon kunjungi http://imtheborderline.tumblr.com/

my nu blog ;)

4.5.11

Posting Komentar